Tips & Trick Lulus Skripsi Kedokteran Tepat Waktu

Tips & Tricks Lulus Skripsi Kedokteran Tepat Waktu

Pada tanggal 22 Agustus 2021 kemarin, gue mengadakan webinar “Tips & Tricks Lulus Skripsi Kedokteran Tepat Waktu”

Di webinar itu, gua sharing bagaimana cara memilih tema skripsi, sumber data skripsi, pitfalls dalam penyusunan skripsi dan kiat menghindari pitfalls tersebut sehingga dapat dihindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Baca Juga: Partner Jaga Malam Paling Berkesan Saat Koas

Nah, ternyata masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab selama webinar jadi akan gua coba jawab disini.

Video Replay Webinar TIps & Tricks Menyusun Skripsi Tepat Waktu

Nama disamarkan untuk menghindari conflict of interest

Q: Untuk sekarang judul aku udah di acc sama dr. X dengan judul “Hubungan Keluhan dan Ukuran Vena Saphena pada Pasien Insufisiensi Vena Kronis di RS Y” Nah aku belum 100% yakin sama judulnya karena masih bingung di bagian keluhannya ko. Menurut koko itu keluhannya perlu dispesifikasikan untuk satu keluhan saja, atau bisa beberapa keluhan gitu ya ko?

A: Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya bisa dikembalikan lagi ke slides bagian bahwa para murid harus banyak membaca dasar teori dari penyakit tersebut. Dalam kasus ini, kamu harus bisa mengerti dan mengetahui banyak teori dari Insufisiensi Vena Kronis dan penelitian-penelitian apa saja yang pernah meneliti serupa. Keluhan pasien tidak akan pernah cuma satu sehingga pasti memerlukan beberapa keluhan. Pertanyaannya adalah keluhan apa saja yang ingin diambil dan mengapa? Nah, itu memerlukan teori yang perlu digali, dicari, dan dirumuskan oleh kalian sendiri

Q: Gimana pilih jurnal yg bagus dan diterima gitu koo? kyak max brp tahun blh dipakee

A: Mengenai pertanyaan ini sebenarnya sudah disinggung namun gua akan ulangi. Jadi, untuk memilih jurnal yang baik, paling minimal adalah memilih jurnal terindeks Sinta (Indonesia) atau Scopus (Internasional). Masuknya jurnal dalam indeks ini bukan berarti bahwa dijamin jurnal ini pasti mutunya oke, namun ini adalah permulaan yang bisa ditempuh. Gua kurang yakin jurnal yang diterima ini maksudnya apa. Yang gua tangkap adalah mencari jurnal acuan referensi yang bisa diterima oleh dokter pembimbing (?) Bila iya, itu berarti harus mencari jurnal internasional yang judulnya mirip dan feasible untuk dilakukan. Kalau mau main amannya mah sodorin aja beberapa jurnal supaya bisa dipilih. Untuk maksimal berapa tahun tergantung dari dosennya tapi di range 3-5 tahun.

Sekian untuk jawaban dari pertanyaan yang masih belum terjawab. Kalau kalian mau webinar yang mirip seperti “Tips & Tricks Lulus Skripsi Kedokteran Tepat Waktu”, silahkan tinggalkan komentar kalian ya! Jangan lupa untuk follow instagram koas2doctor dan podcast kami di platform streaming kalian!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish