Menunggu pengumuman UKMPPD

Hal Yang Dapat Dilakukan Sambil Menunggu Pengumuman UKMPPD

Deg-degan ga sih nunggu hasil pengumuman UKMPPD? Biasa sih banyak orang yang bingung habis UKMPPD ngapain. Nah, disini Koas2Doctor akan membagikan tips mengenai hal-hal yang dapat dilakukan sambil menunggu pengumuman UKMPPD!

Baca Juga: Apa Aja Sih Tugas Koas?

Permasalahannya apa sih disini? Jadi gini, bagi kalian yang belum tahu atau belum melewati fase UKMPPD, yang paling mirip mungkin adalah ketika lu pada baru selesai ujian nasional.

Nah, beberapa bulan sebelum ujian, fokus kalian hanya pada menyelesaikan ujian nasional itu bukan? Setelah itu apa? Kalian sudah planning hidup kalian? Mungkin sudah, yaitu dengan masuk universitas mana, secara kalian juga sudah mendaftar universitas jauh sebelum UN.

Bedanya dengan sekarang, selesai UKMPPD, kalian tinggal menunggu internship. Atau mungkin masuk ke dunia “dewasa” yaitu bekerja. Bingungnya adalah, kalian ga tau mau ngapain sampai hasil UKMPPD keluar. Mengapa? Kalau amit-amit ga lulus, pathway nya beda. Kalau lulus, harus nunggu surat-surat untuk mendaftar internship. Kalau ga mau internship? Nah, panjang lagi tuh ceritanya.

Mau kerja yang berbau kedokteran pun ga bisa karena kehadang legalitas. Kita belum dokter resmi sah yang dapat dibiarkan praktek bebas sampai selesai internship. Jadi, UKMPPD pun bukan resmi menjadikan kita sebagai dokter.

Lalu, sambil menunggu hasil UKMPPD keluar, kita bisa ngapain aja kalau gitu?

Hal pertama yang dapat dilakukan sambil menunggu pengumuman UKMPPD adalah berdoa. Seems obvious tapi mungkin lebih lengkapnya lagi adalah berdoa dan menyerahkan hasil kepada Yang Maha Esa. Karena sudah tidak ada lagi yang dapat kalian sesali ataupun lakukan setelah UKMPPD. Toh, sudah terjadi. Mau seceroboh atau sesesal apapun, yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa bahwa kesalahan yang kita lakukan tidak fatal dan bisa tetap lulus.

Hal kedua adalah pick up kembali hobi-hobi yang kita tinggalkan selama FK dan koas. Ini merupakan privilege yang tidak bisa kita punya selama FK dan koas, yaitu “bingung mau ngapain”. Sehingga, kalian bisa melakukan hal-hal yang kalian tinggalkan sementara saat FK dan koas misalnya seperti memasak, baking, main musik, buat konten, dan sebagainya. Hal ini juga berlaku untuk belajar hobi dan skills baru. Dengan melakukan ini, selain menjadikan waktu menunggu pengumuman UKMPPD berfaedah, kalian juga jadinya tidak menghitung hari kapan hasil UKMPPD keluar, yang biasanya sih bikin stress dan tidak produktif ya.

Hal ketiga adalah cleaning up. Sengaja kita menggunakan kata-kata cleaning up dan bukan kata lainnya karena makna cleaning up itu luas. Bisa secara fisik misalnya seperti berbenah kamar ataupun hal-hal lainnya yang berantakan secara kasat mata atau secara mental dan jasmani kita. Bagi kalian yang terlalu stress selama UKMPPD dan kesehatan mentalnya terganggu, silahkan declutter dengan cara liburan dulu misalnya mungkin. Atau kalian merasa sering sakit dan physically down karena sering bergadang dan adopsi pola hidup tidak sehat. Kalau begitu, kalian bisa mulai mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Hal keempat adalah mencari duit. Dari mana, you ask? Ada kaitannya dengan hobi-hobi kalian. Contoh, kalian suka mengajar? Well, kalian bisa ngajar. Kalian suka baking? Jual lah kue-kue kalian. Ini sebenarnya hal yang umum dan banyak dilihat pada anak-anak yang baru lulus UKMPPD. Tiba-tiba bertebaran lah kue-kue atau makanan lain yang dijual secara online. Selain bisa mengembangkan bakat, kalian juga bisa mencari duit jajan tambahan. Not a bad thing if you ask me.

Hal terakhir, dan menurut gua yang paling krusial sebenarnya, adalah refleksi diri. Maksudnya apa? Gini, di antara selesai UKMPPD dan benar-benar masuk ke dunia kerja (read: sampai kalian selesai internship), hanya akan ada 2 momen yang bisa membuat kalian libur tanpa harus bekerja. Periode itu adalah saat selesai internship (yang sedang kita bicarakan) dan sesaat setelah internship (menunggu SIP & STR). Kalau kalian bisa take a break, pause, dan memikir masa depan kalian mau ngapain, that will be awesome. Karena, kalian ga bakal tuh merasaiin fear of missing out (FOMO). Kalian akan tahu mau ngapain dalam hidup. Jadi, kalian bisa memplanning masa depan kalian. Bahayanya adalah kalau kalian ga tau dalam hidup mau ngapain, yang terjadi adalah kalian ikut-ikutan temen, kalian kehilangan arah, pas sudah terlalu deep into melakukan hal itu dan kalian ditinggal oleh temen kalian, kalian merasa lost dan bingung mau ngapain biasanya. Sehingga, merefleksikan diri dan mencari tahu kalian mau ngapain biasanya adalah sebuah permulaan yang baik.

Sekian dari post kita kali ini. Mohon maaf agak jadi jarang update dikarenakan kedua mimin sedang sibuk menghadapi hidup. Tapi seharusnya kita udah mulai aktif lagi kok HEHE. Jadi kesimpulannya, hal-hal yang dapat dilakukan sambil menunggu pengumuman UKMPPD adalah sebagai berikut:

  1. Berdoa
  2. Pick-up atau belajar hobi-hobi baru
  3. Cleaning up (physically and mentally)
  4. Cari duit lewat side job
  5. Refleksi diri (terpenting)

Jangan lupa untuk follow our instagram @koas2doctor dan dengarkan podcast kami di platform yang kalian sukai. Sampai Jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish