Warna Insulin Diabetes Mellitus

Warna Insulin, Merek, dan Jenis

Post ini gua buat dikarenakan sering sekali gua menemukan pasien-pasien diabetes mellitus dengan gula yang tidak terkontrol atau terkontrol parsial dengan insulin datang ke IGD dengan HONK/DKA tapi lupa mereka pakai insulin apa. Kalau mengingat, yang paling sering diingat adalah dosisnya (which is good), tapi mereka lupa insulinnya yang tipe apa. Lebih dari 50% akan mengingat warna dari insulin mereka, tapi terkadang kita masih harus google lagi kan itu insulinnya apa. Sehingga, di post singkat kali ini, gua akan membahas warna insulin, merek, dan jenis supaya kita sebagai DU bisa mengingat ada insulin apa saja yang ada di luar sana

  • Insulin warna biru

Apabila mereka mengatakan insulin mereka warna biru, insulin itu biasanya adalah Apidra. Apidra adalah golongan insulin glulisine. Apidra adalah short-acting insulin.

Apidra-Insulin Warna Biru
Apidra-Insulin Warna Biru
  • Insulin warna abu-abu/putih

Untuk insulin warna ini, hanya ada satu sementara yang rutin dipakai di Indonesia yaitu Lantus Solostar yang merupakan Insulin Glargine. Insulin tipe ini adalah insulin yang long-acting. Insulin ini terkadang disebut juga dengan insulin warna putih.

Lantus-Insulin Warna Abu-Abu
Lantus-Insulin Warna Abu-Abu
  • Insulin warna oranye

Sama seperti warna abu-abu, insulin oranye hanya ada satu sementara ini yaitu Novorapid yang merupakan Insulin Aspart. Insulin ini merupakan golongan insulin short-acting.

Novorapid-Insulin Warna Oranye
Novorapid-Insulin Warna Oranye
  • Insulin warna hijau

Sama seperti warna-warna lainnya, insulin warna hijau hanya ada satu yaitu Levemir yang merupakan insulin detemir. Insulin ini adalah long-acting insulin. Namun, perlu dicek kembali karena hanya kertas pembungkus keterangan Levemir yang memiliki warna hijau namun pennya berwarna biru tua.

Levemir-Insulin Warna Hijau
Levemir-Insulin Warna Hijau

Baca Juga: Apakah Internship Digaji? Berapa Gajinya?

Tentu saja hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk memastikan tipe insulinnya adalah meminta foto insulin yang biasa dipakai atau lebih baik lagi insulin tersebut dibawa. Post ini tentu saja bukan sebagai substitusi anamnesis atau penunjukkan obat definitif, namun sebagai gambaran besar saja bahwa kita sebagai dokter umum sudah harus bisa untuk familiar dengan tipe-tipe insulin diluar sana.

Sekian untuk post singkat kali ini yang berjudul “Warna Insulin, Merek, dan Jenis”. Seperti biasa, jangan lupa untuk memfollow instagram kami di @koas2doctor dan dengarkan podcast kami di Spotify, Apple Podcast, atau dimanapun kalian mendengarkan podcast kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish