Grammarly: Parafrase Online & Grammar Checker

Grammarly: Dari Grammar Hingga Parafrase

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang Grammarly, suatu alat canggih yang dapat membantu kita dalam penulisan dalam bahasa Inggris baik secara formal maupun tidak formal. Ataupun kalian juga belum pernah mendengar tentang Grammarly sama sekali. Tidak apa-apa! Disini kita akan membahas apa itu Grammarly, bagaimana cara kerja Grammarly, dan apa saja fungsi-fungsi Grammarly (dari memperbaiki grammar hingga parafrase)

Baca Juga: Cara Belajar Untuk Nilai TOEFL 600 Dan Lebih!

Apa itu Grammarly?

Grammarly adalah sebuah grammar checker, proofreading tool, a parapharsing tool baik secara offline maupun online. Grammarly dapat diakses melalui Chrome extension maupun dapat diinstall ke dalam Microsoft Word sebagai extension. Walaupun, word extension biasanya membutuhkan akses premium. Grammarly juga dapat bekerja sebagai plagiarism checker apabila kalian memiliki akses premiumnya.

Mengapa Grammarly?

Grammarly merupakan alat terbaik diantara alat-alat lainnya yang ada di luar sana. Walaupun tentu ada saingan-saingan yang lebih niche dalam area tertentu seperti Quillbot untuk parafrase, tidak ada suatu alat yang se-powerful Grammarly dalam menjalankan tugasnya.

Cara Kerja Grammarly

Grammarly mengoreksi frasa dengan menggunakan konteks, bukan sekadar asosiasi kata. Grammarly dapat melakukan ini semua melalui pemeriksaan ejaan dan dapat meningkatkan koherensi, kelancaran, dan kosa kata tulisan dengan menggunakan algoritme yang didukung oleh AI.

Berapa Harga Grammarly Premium?

Harga bervariasi tergantung dari paket apa yang ingin diambil:

  • Per bulan – $29.95 (Rp 467,733 per kurs tanggal 6 Desember 2022 jam 16:15 WIB)
  • Per 3 bulan – $59.95 (Rp 936,248)
  • Per tahun – $139.95 (Rp 2,185,620)

Tentu ada juga opsi mencoba versi gratis terlebih dahulu bagi kalian yang ingin mencoba seberapa canggih Grammarly dapat membantu kalian dalam kehidupan sehari-hari.

Pengalaman Pribadi Menggunakan Grammarly

Dari pengalaman gue menggunakan Grammarly sendiri, it has been a pleasant experience. Sebagai seorang researcher dan peer reviwer, gua harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Walaupun lu seorang native sekalipun, lu juga pasti akan rentan untuk membuat kesalahan. Logikanya adalah orang Indonesia sendiri pun juga pasti akan ada typo dalam menulis bahas Indonesia. Jadi, bayangkan kita yang bukan native. Syukur kalau spellingnya masih bener, kalau semuanya berantakan?

Grammarly membantu kita untuk mengeliminasi kesalahan-kesalahan minor tapi fatal tersebut. Mungkin hanya satu atau dua typo, tapi kesalahan minor itu dapat sangat mempengaruhi kualitas keseluruhan dari paper kita. Sehingga, bagi kalian yang sangat heavy dalam menulis bahasa Inggris sehari-hari, Grammarly akan sangat worth it bagi kalian, terutama kalau kalian mempertimbangkan yang premium.

Selain grammar dan spelling checks, Grammarly juga membantu untuk melihat apakah intonasi kalimat yang kita gunakan sudah sesuai atau belum dan memperbaikinya. Selain itu, ada beberapa vocabularies yang disarankan oleh Grammarly sehingga tidak terkesan generik atau basic seperti kata “huge” atau “great” yang sering digunakan. Selain itu, Grammarly juga membantu mendeteksi passive voice yang tidak begitu disarankan saat menulis manuscript artikel.

Namun, ada beberapa kelemahan dari Grammarly. Walaupun user interface dan cara penggunaannya sangat interaktif, kita tidak bisa hanya mengklik-klik perubahan tersebut tanpa membacanya kembali. Karena, akan ada perubahan yang sangat drastis sampai kalian membacanya lagi dan bingung apa yang telah digantikan sebelumnya. Grammarly juga cenderung tidak setuju dengan kata-kata tertentu seperti “as well as” yang sebenarnya tidak ada masalah. Selain itu, Grammarly hanya bisa mendeteksi passive voice namun belum mampu untuk menggantikannya kembali ke active voice. Beberapa fitur seperti plagiarism checker juga tidak terlalu lazim digunakan secara umum ketika Turnitin masih lebih dipakai.

Alternatif dari Grammarly Sebagai Grammar Checker dan Parafrase Tool

Berikut adalah beberapa alternatif Grammarly untuk mengecek spelling atau grammar errors, melakukan parafrase online atau mencari paraphrase tool:

  1. Wordtune
  2. ProWritingAid
  3. Sapling
  4. WhiteSmoke
  5. Ginger
  6. PaperRater
  7. Reverso
  8. SentenceCheckup
  9. Hemingway App
  10. LanguageTool
  11. Slick Write
  12. Readable
  13. Writer

Sekian dulu dari post ini mengenai cara kerja Grammarly: dari Grammar hingga Parafrase. Semoga post ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa check dan follow instagram kami di @koas2doctor dan dengarkan podcast kami di Koas2doctor dimanapun kalian mendengarkan podcast kalian.

1 comment

  1. Michael Thornbrugh

    Hello there! This is my first comment here, so I just wanted to give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading your articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same subjects? Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish